Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami - klikDENATURE

Home Tumor/Kanker Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Sipilis/Gonore Kutil/Mata Ikan Solusi Kewanitaan Obat Herbal Tips Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
"Emas yang mereka habiskan untuk kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit. Kesehatan merupakan nikmat yang tak ternilai harganya"
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
Pemesanan obat hubungi
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)
D3N47UR3 (PIN BBM)
 

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami – Bagi setiap wanita mengalami keputihan merupakan sebuah kondisi yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja, namun anda juga perlu untuk mengetahuinya bahwa di balik keputihan yang memang normal dan umum terjadi ini terselip satu kondisi yang bisa membahayakan bagi kesehatan sistem reproduksi.

Keputihan tidak normal atau abnormal atau juga patologis dapat terjadi karena di sebabkan oleh infeksi dan biasanya diikuti dengan rasa gatal dan bau menyengat di sekitar organ kewanitaan. Akan tetapi, bakteri, jamur, virus dan parasite merupakan penyebab yang paling sering memicu munculnya keputihan pada wanita.

Jika anda tahu, sebenarnya cara mengatasi keputihan tidak normal terbilang cukup mudah. Ada sejuta cara yang bisa anda coba, baik secara alami menggunakan bahan herbal yang mudah ditemukan maupun secara modern menggunakan racikan obat-obatan. Dan pada kesempatan kali ini akan saya bahas yang secara alami.

LAYANAN KONSULTASI
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)

Berbicara mengenai tubuh wanita, salah satu hal yang paling penting untuk  diperhatikan adalah organ kewanitaan. Banyak wanita yang tidak mengerti  mengenai satu bagian itu sehingga mendapati berbagai masalah, contohnya keputihan, bau tak sedap, gatal-gatal, bahkan penyakit yang tidak kita  sangka-sangka akan kita alami seperti kanker serviks, myoma, dan lain-lainnya.

Gangguan tersebut tentunya akan berpengaruh juga terhadap  hubungan keharmonisan keluarga untuk yang sudah menikah, yaitu akan  memberikan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri saat berhubungan. Selain itu, wanita yang sudah menikah juga biasanya mengalami hal ini, yaitu vagina kendor dan tidak keset lagi, sehingga akan mengurangi kenikmatan dalam berhubungan badan dengan suami.

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Keputihan

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara AlamiKeputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan dari Miss. V selain darah. Tidak semua keputihan berbahaya pada jenis tertentu keputihan adalah salah satu tandanya perubahan fisiologis. Akan tetapi, jika mengalami keputihan yang berbau amis, berwarna kekuning-kuningan, keabu-abuan dan kecoklatan disertai dengan rasa gatal ini merupakan tanda keputihan abnormal yang harus segera ditangani.

Gatal pada area Miss.V disebabkan oleh jamur candida albicans. Kandidas vagina harus ditangani dengan tepat karena jika tidak akan mengalami kebal bakteri. Selain gatal ada ciri lain seperti nyeri saat buang air kecil dan yang lebih parah penderita mengalami nyeri pada saat melakukan hubungan seksual.

Keputihan yang disertai dengan rasa gatal seperti ini dapat menular kepada pasangan seksualnya. Pada pasangan (pria) infeksi jamur akan mempengaruhi Mr. P sehingga menyebabkan merah, mengembangkan lepuh.

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Penanganan Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti:

  • infeksi vaginosis bakterial
  • penggunaan antibiotik
  • infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia
  • kanker serviks
  • penggunaan pil kontrasepsi
  • infeksi parasit trikomoniasis
  • ataupun infeksi jamur.
Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri.
Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti:
  1. Kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan
  2. Konsumsi yoghurt bila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
  3. Gunakan krim atau gel antijamur jika memang keputihan disebabkan infeksi jamur.
  4. Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga sepekan setelah pengobatan.
  5. Bila keputihan yang tidak normal berlangsung lebih dari seminggu setelah pengobatan mandiri, periksakan diri Anda ke dokter.
Bila ada tanda-tanda bahaya, juga segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan berdasarkan penyebab keputihan Anda. Tanda-tanda keputihan yang berbahaya antara lain:
  • timbul bau yang menyengat
  • gatal dan kemerahan pada vagina dan area sekitarnya
  • pendarahan atau bercak di luar masa menstruasi
  • keputihan berubah warna menjadi hijau atau kuning
  • keputihan menjadi tebal atau lengket.
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Mencegah Keputihan Tidak Normal
Untuk menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan:
  • Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembap dengan selalu mengeringkannya setelah buang air kecil. Menjaga agar vagina tetap kering dapat juga dilakukan dengan:
  1. Menggunakan celana yang tidak terlalu ketat.
  2. Tidak terlalu sering menggunakan stoking.
  3. Kenakan celana dalam berbahan katun, bukan sintetis. Celana dalam katun memungkinkan lebih banyak udara ke vagina dan mencegah lembap.
  4. Tidak mengenakan celana dalam saat tidur di malam hari.
  5. Basuh kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil bukan sebaliknya.
  • Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina justru berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakterial. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dan sabun yang tidak beraroma kuat. Namun sebisa mungkin, hanya gunakan air saja.
  • Hindari penggunaan parfum, bedak pada vagina. Penggunaan parfum dan sabun dapat menyebabkan nyeri pada vagina dan keluarnya cairan vagina yang tidak normal.
  • Selain itu hindari penggunaan bahan-bahan berikut yang dapat membuat iritasi dan menyebabkan keluarnya cairan tidak normal dari vagina:
  1. Penggunaan pelembut atau detergen yang beraroma kuat saat mencuci celana dalam.
  2. Pembalut beraroma/berparfum.
  3. Tisu toilet beraroma.
  4. Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.
  5. Konsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung laktobasilus.
  6. Hindari terlalu sering berendam dalam air panas.
  7. Cuci pakaian dalam dengan air hangat.
  8. Ganti pembalut secara teratur saat datang bulan.
Kenapa Keputihan Tak Boleh Diremehkan?
Zaman yang sudah maju dan akses informasi yang mudah memungkinkan hampir setiap orang untuk mendiagnosis penyakit, kemudian mengobatinya sendiri. Hingga yang sering terjadi adalah salah diagnosis, salah obat dan berujung pada makin parahnya kondisi yang sudah ada. Gawat kan? Menurut Dr. Dwiana, hal ini sering terjadi pada kasus keputihan.
Banyak perempuan merasa malu mengutarakan penyakit yang berhubungan dengan area bawah ini. Bahkan beberapa dari mereka menganggap keputihan adalah hal wajar sehingga tidak perlu diobati.
Banyak di antara kita yang belum menyadari bahwa keputihan bisa menjadi tanda awal dari penyakit yang lebih berat, seperti HIV, Herpes, Candyloma hingga menyebabkan kemandulan atau kanker (kanker rahim atau kanker indung telur).
Seringkali keputihan sulit diobati, karena penyebab keputihan bermacam-macam dan bisa terinfeksi beberapa sekaligus yang pada umumnya adalah jamur, bakteri dan Pseudomonas sp. Kami memberikan solusi mudah dan cepat atasi keputihan yang berlebih atau bau gatal dan kental secara Herbal dengan bahan bahan alami yang tentunya sangat aman bagi kewanitaan.

 

Tips Menghilangkan Keputihan pada Wanita secara Alami

1. Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan bumbu rempah yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan memasak. Namun ternyata kunyit dapat digunakan untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita. Pasalnya kunyit mempunyai kandungan berupa zat antibakteri yang dapat menghilangkan keputihan secara total.

Siapkan dahulu beberapa kunyit untuk diparut sampai menghalus, kemudian diperas agar air sarinya dapat keluar. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur minimal 2 kali dalam setiap harinya.

 

2. Menggunakan Bawang Putih

Cara selanjutnya adalah dengan mengolah bawang putih sebagai obat penghilang keputihan di organ vagina wanita. Kandungan bawang putih yang bersifat antijamur dan antivirus, sehingga mampu mencegah sekaligus mengobati terjadinya keputihan.

Tak hanya itu, penggunaan bawang putih secara rutin dapat menghambat bakteri yang masuk ke daerah kewanitaan. Setidaknya anda sering mengkonsumsi bawang dalam jumlah banyak agar terhindar dari penyakit kewanitaan yang satu ini.

 

3. Menggunakan Daun Sirih

Biasanya daun sirih hanya digunakan sebagai kinang sekaligus obat keputihan oleh jaman dahulu. Banyak sekali kandungan yang terdapat pada daun sirih, seperti difat antibakteri dan antijamur sehingga mampu mengobati masalah infeksi penyebab bakteri dan jamur di area kewanitaan.

Cara pengolahannya juga cukup mudah, yakni dengan merebus segenggam daun sirih. Tunggu masa perebusan daun sirih hingga mendidih dan gunakan air rebusan sebagai pembersih daerah vagina. Penggunaan rutin daun sirih bisa menghilangkan gatal-gatal secara berlebih dan bau di organ intim pada wanita

 

4. Menggunakan Daun Sambiloto

Keberadaan daun Sambiloto yang dapat mencegah timbulnya peradangan sekaligus menghilangkan terjadinya keputihan pada vagina wanita. Selain itu, daun sambiloto juga difungsikan sebagai obat deman pada anak-anak sehingga mampu menurunkan panas.

Dalam proses pembuatannya, anda cukup memotong batang dari sambiloto. Selepas itu, merebus menggunakan segelas air ke dalam panci mendidih. Konsumsi hasil air rebusan tadi secara teratur agar keputihan cepat sembuh. Sebaiknya tambahkan madu murni sebagai pemanis alami agar ramuan sambiloto tidak begitu pahit.

 

Selain beberapa hal di atas, guna menjaga kesehatan dan kebersihan daerah kewanitaan, hindarilah seks bebas. Karena melalui sarana ini, bakteri yang berbahaya dapat mengintai Anda. Sehingga akhirnya memicu herpes, gonorea, HIV, klamidia, sifilis, dan kutil kelamin.

 

Ribet membuat ramuan di atas?

 

Selanjtnya…

Sayangi Miss V Anda
Rawatlah Daerah Kewanitaan Anda seperti Merawat Wajah Anda..!!

LAYANAN KONSULTASI

082221132221085743333181

 

Jika mengalami keputihan dengan gejala berbeda, sebaiknya waspada. Misalnya, ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut.
Keputihan yang tidak normal juga sangat jarang dialami oleh remaja putri yang belum melewati masa pubertas dan wanita yang telah menopause. Karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika Anda, anak Anda, atau anggota keluarga lain mengalaminya.
Obat Keputihan Herbal
Untuk pencegahan dan mengatasi gunakan obat keputihan herbal dari De Nature yang berkhasiat mengobati keputihan pada wanita dan yang sudah terbukti kualitasnya.
Berikan yang TERBAIK untuk Suami Anda
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Obat Keputihan Obat Bau Tak Sedap pada Vagina
 

RAHASIA WANITA SEPERTI PERAWAN KEMBALI

VAGINA WANGI, KESET, DAN BEBAS KEPUTIHAN

Hanya Rp. 295.000,-
Semua Masalah Kewanitaan Anda Terselesaikan

 

Khasiat Obat Kewanitaan De Nature

  1. Mengurangi lendir pada miss V
  2. Merapatkan organ kewanitaan
  3. Menjaga kesehatan daerah kewanitaan
  4. Untuk ketenangan hati dan pancaran aura
  5. Menampakkan kewibawaan, kharisma, dan kecantikan
  6. Membuat pikiran cerdas, tajam, dan jernih
  7. Untuk memulihkan stamina tubuh
  8. Menjaga kesehatan tubuh
  9. Memperbaiki jaringan sel pada bagian uretic

 

INGIN PUNYA PAYUDARA BESAR DAN KENCANG??? 

 INI RAHASIANYA !!!

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Rp. 175.000,- Rp. 195.000,-

175.000 + 195.000 = Rp. 370.000,-

PROMO BULAN INI, BELI SEPAKET HANYA Rp. 280.000,-

 

Keuntungan Pesan Pada Kami:
  • Prosedur pemesanan mudah tidak berbelit-belit
  • Pelayanan memuaskan karena kami menjamin pesanan anda sampai alamat.
  • Selain pesan produknya anda juga bisa konsultasikan permasalahan sakit anda.
  • Kualitas Produk kami dijamin aman tanpa efek samping.
  • Anda bisa pesan kapan saja dan dimana saja tanpa harus repot-repot
    datang ke tempat kami, anda cukup duduk manis di rumah sambil menunggu
    paket datang diantar sampai ke alamat rumah.

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami

Apakah belanja online itu aman? Jangan Khawatir!! Berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami

*PERHATIAN*

Jika anda masih kurang jelas silakan kontak kami langsung via Telp / SMS 082221132221085743333181
Barang DIJAMIN sampai ke rumah anda dikirim via TIKI/JNE/POS. Hubungi kami apabila menginginkan bukti nomor (resi) pengiriman.

 

JANGAN RAGU UNTUK BEROBAT KEPADA KAMI
Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
DALAM WAKTU DEKAT PAKET SAMPAI KE ALAMAT TUJUAN
  
Demikian ringkasan mengenai Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke web kami, semoga anda mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah anda. Jangan pernah ragu untuk berobat dan kontak sekarang juga, kesembuhan Anda adalah prioritas utama kami.
Artikel terkait tentang cara mengatasi keputihan abnormal dengan bawang putih, cara menghilangkan keputihan yang gatal dengan daun sirih, cara menghilangkan keputihan dan bau tak sedap pada daerah kewanitaan, makanan penyebab keputihan, obat keputihan gatal resep dokter, cara mengatasi keputihan saat hamil, yang bisa anda baca.

 

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami untuk Anda 
D3N47UR3 (Pin BBM)
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)

de Nature Indonesia de Nature Indonesia de nature indonesia

Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami
Artikel "Tips Menghilangkan Keputihan Abnormal pada Wanita secara Alami" ditulis oleh admin update terakhir pada 23rd Desember 2017 Categories: Obat Perapat Vagina/Keputihan permalinks http://klikdenature.com/tips-menghilangkan-keputihan-abnormal-pada-wanita-secara-alami.html di klikDENATURE

Related Posts:

Leave your comment here:

Kontak Kami

082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(Whatsapp)
PIN BBM : D3N47UR3

Cara Pemesanan

  • Silakan hubungi kami & konsultasikan penyakit anda!
  • Jika berminat, lakukan pemesanan dengan format :

Nama # Nama Obat # Jumlah # Alamat

Contoh : Andre # Obat sipilis # 2 # Jl. Diponegoro Majenang, Cilacap, Jawa Tengah

  • Kami akan merespon dengan rincian belanja anda (harga obat + ongkos kirim)
  • Silakan lakukan pembayaran sejumlah "harga obat+ongkir" dengan transfer ke salah satu rekening kami

de nature indonesia

  • Konfirmasikan kepada kami setelah anda melakukan pembayaran dengan format :

Nama # Alamat Lengkap # Jumlah uang via bank apa # no. hp

Contoh : Andreas Pratama # Jl. Diponegoro, Kel. Jenang, Kec. Majenang, Kab. Cilacap, Jawa Tengah 53257 # 320rb via BCA # 087736999696

Temukan Kami di

de nature Indonesia de nature Indonesia

Kami siap mengirim ke daerah seluruh Indonesia


Jakarta | Jember | Jepara | Jombang | Kajen | Karanganyar | Kebumen | Kediri | Kendal | Kepanjen | Klaten | Kraksaan | Kudus | Kuningan | Lamongan | Lumajang | Madiun | Magelang | Magetan | Majalengka | Sumatera | Aek Kanopan | Arga Makmur | Arosuka | Balige | Banda Aceh | Bandar Lampung | Bagansiapiapi | Baganbatu | Bandar Seri Bintan | Bangkinang | Bangko | Banyuasin | Batam | Baturaja | Batusangkar | Bengkalis | Bengkulu | Binjai | Bintuhan | Bireuen | Blambangan Umpu | Blangpidie | Blang Kejeren | Bukittinggi |Dumai | Gedong Tataan | Gunung Sitoli | Gunung Sugih | Gunung Tua | Idi Rayeuk | Indralaya | Jambi | Jantho | Kabanjahe | Kalianda | Karang Baru | Karang Tinggi | Kayu Agung | Kepahiang | Kisaran | Koba | Kota Agung | Kotabumi | Kota Pinang | Kuala Tungkal | Kutacane | Lahat | Lahomi | Langsa | Lhokseumawe | Lhoksukon | Limapuluh | Liwa | Lotu | Lubuk Basung | Lubuk Bendaharo | Lubuk Linggau | Lubuk Pakam | Lubuk Sikaping | Manggar | Manna | Martapura (Sumatera Selatan) | Medan | Menggala | Mentok | Metro | Meulaboh | Muara Bungo | Muara Dua | Muara Enim | Muara Sabak | Muara Tebo | uaro Sijunjung | Mukomuko | Padang | Padang Aro | Padang Panjang | Padang Sidempuan | Pagaralam | Painan | Palembang | Pandan | Pangkalan Kerinci | Pangkal Pinang | Panguruan | Panyabungan | Pariaman | Parit Malintang | Pasir Pengarayan | Payakumbuh | Pekanbaru | Pematang Siantar | Prabumulih | Pringsewu | Rantau Prapat | Raya | Rengat | Sabang | Sarolangun | Sawahlunto | Sei Rampah | Sekayu | Selat Panjang | Sengeti | Siak Sri Indrapura | Sibolga | | Sinabang | Singkil | Sipirok | Solok | Stabat | Subulussalam | Sukadana | Suka Makmue | Sungailiat | Sungai Penuh | Takengon | Tais | Tanjung Balai (Sumatera Utara) | Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) | Tanjung Enim | Tanjung Pandan | Tanjung Pinang | Tebing Tinggi (Sumatera Utara) | Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) | Teluk Dalam | Teluk Kuantan | Tembilahan | Toboali | Tuapejat | Ujung Tanjung | Jawa | Ambarawa | Anyer | Bandung | Bangil | Banjar (Jawa Barat) | Banjarnegara | Bangkalan | Bantul | Banyumas | Banyuwangi | Batang | Batu | Bekasi | Blitar | Blora | Bogor | Bojonegoro | Bondowoso | Boyolali | Bumiayu | Brebes | Caruban | Cianjur | Ciamis | Cibinong | Cikampek | Cikarang | Cilacap | Cilegon | Cirebon | Demak | Depok | Garut | Gresik | Indramayu | Malang | Mojokerto | Mojosari | Mungkid | Ngamprah | Nganjuk | Ngawi | Pacitan | Pamekasan | Pandeglang | Pare | Pati | Pasuruan | Pekalongan | Pelabuhan Ratu | Pemalang | Ponorogo | Probolinggo | Purbalingga | Purwakarta | Purwodadi | Purwokerto | Purworejo | Rangkasbitung | Rembang | Salatiga | Sampang | Semarang | Serang | Sidayu | Sidoarjo | Singaparna | Situbondo | Slawi | Sleman | Soreang | Sragen | Subang | Sukabumi | Sukoharjo | Sumber | Sumedang | Sumenep | Surabaya | Surakarta | Tasikmalaya | Tangerang | Tangerang Selatan | Tegal | Temanggung | Tigaraksa | Trenggalek | Tuban | Tulungagung | Ungaran | Wates | Wlingi | Wonogiri | Wonosari | Wonosobo | Yogyakarta | Bali dan Nusa Tenggara | Atambua | Baa | Badung | Bajawa | Bangli | Bima | Denpasar | Dompu | Ende | Gianyar | Kalabahi | Karangasem | Kefamenanu | Klungkung | Kupang | Labuhan Bajo | Larantuka | Singaraja | Sumbawa Besar | Tabanan | Taliwang | Tambolaka | Tanjung (Nusa Tenggara Barat) | Negara,Bali | Kalimantan | Pontianak | Samarinda | Banjarmasin | Balikpapan | Singkawang | Palangkaraya | Ketapang | Sintang | Tarakan | Putussibau | Sambas | Sampit | Banjarbaru | Barabai | Batang Tarang | Batulicin | Bengkayang | Bontang | Kotabaru | Kuala Kapuas | Kuala Kurun | Kuala Pembuang | Malinau | Martapura | Muara Teweh | Nunukan | Pangkalan Bun | Paringin | Pelaihari | Penajam | Pulang Pisau | Rantau | Sangatta | Sebatik | Sekadau | Sendawar | Sukamara | Sungai Raya | Tamiang Layang | Tanah Grogot | Tanjung | Tanjung Selor | Tanjung Redeb | Tenggarong | Tideng Pale | Sulawesi | Airmadidi | Ampana | Amurang | Andolo | Banggai | Bantaeng | Barru | Bau-Bau | Benteng | Bitung | Bulukumba | Bungku | Buol | Buranga | Donggala | Enrekang | Gorontalo | Jeneponto | Kawangkoan | Kendari | Kolaka | Kotamobagu | Kota Raha | Kwandang | Lasusua | Luwuk | Majene | Makale | Makassar (Ujung Pandang) | Malili | amasa | Mamuju | Manado (Menado) | Marisa | Maros | Masamba | Melonguane | Ondong Siau | Palopo | Palu | Pangkajene | Pare-Pare | Parigi | Pasangkayu | Pinrang | Polewali | Poso | Rantepao | Ratahan | Rumbia | Sengkang | Sinjai | Sunggu Minasa | Suwawa | Tahuna | Takalar | Tilamuta | Toli Toli | Tomohon | Watampone | Watan Soppeng | Cliquers | Libuo Palma | Maluku dan Papua | Ambon | Biak | Halmahera Barat | Halmahera Selatan | Halmahera Tengah | Halmahera Timur | Halmahera Utara | Intan Jaya | Jayapura | Jayapura (kota) | Maluku Barat Daya | Maluku Tengah | Maluku Tenggara | Maluku Tenggara Barat | Mamberamo Raya | Mamberamo Tengah | Manokwari | Manokwari Selatan | Merauke | Mimika | Nabire | Puncak Jaya | Raja Ampat | Sorong | Sorong Selatan | Ternate | Aceh | Bali | Bangka Belitung | Banten | Jawa Barat | Jawa Tengah | Jawa Timur | Kalimantan Barat | Kalimantan Selatan | Kalimantan Tengah | Kalimantan Timur | Kalimantan Utara | Kepulauan Riau | Lampung | Maluku Utara | Maluku | Nusa Tenggara Barat | Nusa Tenggara Timur | Papua Barat | Papua | Riau | Sulawesi Selatan | Sulawesi Tengah | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Utara | Sumatera Barat | Sumatera Selatan | Sumatera Utara | Pangkalpinang | Jakarta Barat | Jakarta Pusat | Jakarta Selatan | Jakarta Timur | Jakarta Utara | Cimahi | Banjar | Tanjungpinang | Tidore Kepulauan | Makassar | Parepare | Manado | Padangpanjang | Lubuklinggau | Pematangsiantar | Tebingtinggi | Tanjungbalai |

deNature Indonesia - klikDENATURE