Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan - klikDENATURE

Home Tumor/Kanker Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Sipilis/Gonore Kutil/Mata Ikan Solusi Kewanitaan Obat Herbal Tips Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
"Emas yang mereka habiskan untuk kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit. Kesehatan merupakan nikmat yang tak ternilai harganya"
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
Pemesanan obat hubungi
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)
D4DFA68E (PIN BBM)
 

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan – Ketika Anda mengalami alergi makanan, langkah yang tepat adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Namun apabila gejala alergi yang dialami hanya ringan saja dan Anda belum berkesempatan berkunjung ke dokter, maka Anda bisa menggunakan obat alergi makanan yang tersedia di apotek ataupun menggunakan bahan-bahan alami.

Obat Menghilangkan Gatal Alergi MakananAda banyak penyebab gatal di tubuh yakni bisa karena infeksi, iritasi kimia, alergi, dll. Meskipun mungkin itu bukan kondisi yang serius, namun pasti sangat menjengkelkan dan bahkan mungkin bikin malu. Oleh karena itu penting juga mengetahui bagaiamana cara mengatasi gatal pada selangkangan ini.

Kebanyakan dari kita menganggap alergi sebagai hal biasa. Tidak aneh memang, mengingat seringnya kita melihat orang-orang sekitar atau bahkan kita sendiri yang tiba-tiba mengalami gatal-gatal sehabis mengonsumsi makanan laut atau karena udara dingin misalnya.

Terkadang pastilah terbersit dalam benak, apakah bisa alergi disembuhkan? Adakah Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan untuk mengatasinya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu alergi.

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespons zat yang dianggapnya “penyerang”. Zat yang memprovokasi sistem imun tubuh tersebut dikenal sebagai alergen. Ketika terjadi paparan terhadap sesuatu yang membuat seseorang alergi, saat itulah tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin yang dapat menyebabkan reaksi peradangan seperti kemerahan, gatal-gatal dan lainnya.

Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Salah satu reaksi alergi yang muncul bisa berupa rasa gatal dan ruam pada kulit.

Berdasarkan zat pemicu dan jangka waktu munculnya gejala, alergi makanan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu imunoglobulin E, non-imunoglobulin E, dan gabungan keduanya.

Imunoglobulin E merupakan salah satu zat antibodi yang ada di dalam sistem kekebalan tubuh kita. Alergi makanan yang dipicu oleh produksi zat ini merupakan jenis alergi makanan yang paling umum terjadi dan gejalanya biasa akan muncul tidak lama setelah penderita makan.

Sedangkan untuk alergi makan yang dipicu oleh zat-zat antibodi selain imunoglobulin E, rentang waktu munculnya gejala akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau biasanya berjam-jam setelah penderita makan.

Jenis alergi makanan yang terakhir adalah kombinasi dari imunoglobulin E dan non-imunoglobulin E. Orang yang menderita kondisi ini akan merasakan gejala-gejala dari kedua jenis alergi makanan tersebut.

 

Gejala Alergi Makanan

Penderita alergi makanan yang dipicu imunoglobulin E biasanya akan mengalami gejala berupa ruam merah dan gatal di kulit, kesemutan atau gatal di dalam rongga mulut, sulit menelan, dan pembengkakan pada mulut, wajah, serta bagian tubuh lainnya. Ruam p dan pecah-pecah, berwarna merah, serta terasa gatal.

Kadang-kadang alergi makanan non-imada alergi jenis ini biasanya tampak timbul pada permukaan kulit. Selain gejala-gejala tersebut, dapat juga terjadi mual dan muntah, mata terasa gatal, bersin-bersin atau napas pendek, pening atau pusing, diare, sakit perut, serta sesak napas.

Pada kasus alergi makanan non-imunoglobulin E, gejala utama yang timbul sebenarnya hampir sama dengan gejala pada alergi makanan yang diperantarai oleh imunogbulin E, yaitu munculnya rasa gatal dan ruam di kulit. Namun bedanya, tekstur ruam pada jenis alergi ini tidak tampak timbul. Selain itu ada yang mengalami gejala seperti penyakit eksim atopik, yaitu kulit kering

unoglobulin E dapat memunculkan gejala seperti yang disebabkan oleh kondisi lain di luar alergi, sehingga mungkin salah terdiagnosa. Gejala-gejala tersebut di antaranya:

  1. Area kelamin dan anus tampak berwarna kemerahan.
  2. Gangguan pencernaan.
  3. Sembelit
  4. Nyeri ulu hati.
  5. Frekuensi buang air besar meningkat.
  6. Adanya lendir atau darah pada kotoran.
  7. Kulit pucat.
  8. Rewel pada bayi.

 

Jangan sepelekan alergi makanan karena pada kasus tertentu bisa mengarah kepada suatu kondisi yang disebut anafilaksis atau reaksi alergi parah. Gejala awal anafilaksis memang terlihat seperti gejala alergi makanan biasa, namun dalam waktu yang sangat cepat, gejala dapat memburuk dan penderitanya bisa mengalami beberapa hal berikut:

  • Peningkatan detak jantung yang sangat cepat.
  • Kesulitan bernapas.
  • Munculnya perasaan cemas dan ketakutan yang intens secara tiba-tba.
  • Penurunan tekanan darah yang sangat drastis.
  • Pingsan.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, anafilaksis bahkan bisa menyebabkan kematian.

 

Makanan-makanan Penyebab Alergi

Semua makanan berpotensi menyebabkan alergi. Namun ada beberapa jenis makanan tertentu yang sangat umum menyebabkan kondisi tersebut, contohnya udang, lobster, kepiting, ikan, dan kacang-kacangan.

Alergi akibat kacang-kacangan umum dialami oleh anak-anak. Selain kacang-kacangan, anak-anak juga bisa mengalami alergi setelah mengonsumsi susu, telur, gandum, dan kedelai. Alergi susu pada anak-anak sering kali menimbulkan gejala campuran yang ada di dalam alergi immunoglobulin E dan non-immunoglobulin E, yaitu pembengkakan dan sembelit.

 

Pengobatan Alergi Makanan

Sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan alergi makanan. Tujuan pemberian obat di sini adalah untuk meredakan reaksi alergi yang muncul. Karena itu, alangkah baiknya apabila penderita alergi makanan mengetahui dan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu alergi pada dirinya.

Berdasarkan tingkat keparahan gejala, ada dua jenis obat alergi yang umumnya digunakan. Yang pertama adalah obat-obatan antihistamin. Obat ini digunakan untuk meredakan reaksi alergi atau gejala alergi yang masih tergolong ringan hingga menengah.

Sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini, karena ada beberapa jenis antihistamin yang tidak cocok digunakan oleh anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun, seperti promethazine dan alimemazine.

Jenis obat alergi yang kedua adalah obat yang mengandung adrenalin. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter untuk menanggulangi gejala alergi parah pada kasus anafilaksis dengan cara disuntikkan. Adrenalin mampu mengatasi kesulitan bernapas dengan cara memperlebar saluran napas, serta mengatasi syok dengan meningkatkan tekanan darah.

 

Obat Gatal Alergi Makanan

Untuk reaksi alergi makanan ringan, beberapa orang sering menggunakan obat non-resep terlebih dahulu. Namun, apabila alerginya tak kunjung sembuh dengan obat tersebut, maka mereka mengganti obat alergi dengan obat resep. Secara umum berikut Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan di apotek:

  • Epinephrine

Obat ini digunakan untuk mengobati reaksi alergi makanan parah. Epinephrine diberikan sebagai obat injeksi atau suntik. Fungsi dari obat alergi ini yaitu bertindak cepat mengendurkan otot sehingga dapat membantu bernafas dengan lega. Di samping itu dapat mengatasi shock (syok anafilaksis) akibat tekanan darah yang terlalu rendah sebagai hasil dari pelebaran pembuluh darah dari reaksi alergi.

( ! ) Obat alergi makanan ini hanya diberikan oleh dokter atau tenaga kesehatan. Pada beberapa kasus dibutuhkan lebih dari satu suntikan apabila gejalanya tidak hilang.

  • Antihistamin

Antihistamin merupakan obat alergi makanan ataupun jenis alergi lainnya yang digunakan untuk mengobati beberapa gejala seperti gatal-gatal, bersin-bersin, hidung berair, dan gangguan pencernaan.

Fungsi antihistamin yaitu menghalangi aksi histamin selama reaksi alergi. Histamin inilah zat kimia yang dihasilkan tubuh sehingga muncul gejala-gejala alergi seperti di atas. Beberapa contoh obatnya, seperti CTM, cetirizine, interhistin, loratadin, ciproheptadin, dan lain-lain.

( ! ) Obat alergi makanan ini bisa Anda dapatkan bebas di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Namun selalu perhatikan aturan pemakaiannya.

  • Kortikosteroid

Kartikosteroid sebenarnya adalah hormon steroid yang memang secara alami dihasilkan oleh tubuh kita. Kerjanya yaitu mengurangi reaksi peradangan, alergi, dan pembengkakan. Obat ini biasa digunakan untuk membantu mengobati reaksi alergi parah dan mencegah terulangnya reaksi alergi.

Beberapa contoh obatnya, seperti dexamehasone, prednison, Methylprednisolone, dan lain-lain.

( ! ) Obat alergi makanan ini hanya digunakan atas rekomendasi dokter. Tidak boleh menghentikan pemakaiannya tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Bronkodilator

Bronkodilator digunakan untuk mengatasi gejala alergi yang menimbulkan sesak nafas akibat pembengkakan saluran nafas (bronkhus). Cara kerja obat ini yaitu mengendurkan saluran pernafasan yang menyempit, sehingga Anda lebih mudah bernafas.

Obat ini dapat berupa tablet, injeksi, ataupun cairan uap (nebules), contohnya salbutamol, salmeterol, formoterol, teofilin, dan lain-lain.

  • Kombinasi Antihistamin dan Kortikosteroid

Antihistamin dan kortikosteroid sering tersedia dalam bentuk kombinasi. Kombinasi keduanya dalam bentuk tablet atau sirup digunakan untuk membantu mengobati reaksi alergi makanan ringan. Kedua obat ini digunakan untuk mengatasi gatal-gatal, gejala gastrointestinal, bersin-bersin, hidung berair, dan pembengkakan ringan.

 

Selain obat-obatan apotek atau medis, kami juga memberikan informasi mengenai obat alami untuk mengatasi alergi makanan yang terbukti ampuh.

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan Tradisional

Ada sebagian orang yang lebih suka menggunakan pengobatan herbal daripada obat-obatan medis untuk mengatasi alergi makanan. Boleh saja menggunakan ramuan herbal ini, asalkan gejala alergi yang Anda alami bukan gejala yang berat. Ada beberapa alternatif pengobatan alami yang terbukti ampuh mengatasi alergi makanan sebagai berikut:

  • Cuka Apel

Cuka sari apel merupakan obat alergi makanan alami yang dapat membantu melawan banyak gejala alergi makanan. Obat alami ini dapat membantu mengembalikan beberapa nutrisi dalam tubuh, yang pada gilirannya mengatur respons kekebalan tubuh.

Selain itu, obat ini juga membantu mengembalikan pH alkali dalam tubuh. Cara menggunakan cuka apel untuk mengatasi alergi makanan, yaitu:

  1. Masukkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat.
  2. Campur dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok jus lemon.
  3. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 atau 3 kali sehari dan diminum ini sampai Anda merasa lebih baik.

 

  • Makanan Probiotik

Untuk memudahkan gejala seperti sakit perut dan diare, makanlah makanan yang banyak mengandung probiotik.

Makanan dengan probioti tinggi mengandung sejumlah bakteri ‘baik’ (lactobacilli) yang membantu memulihkan keseimbangan alami bakteri usus Anda dan mengobati masalah pencernaan. Makanan seperti itu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Usahakan makan 2 sampai 3 cangkir yogurt polos dan tanpa pemanis setiap hari.

Makanan probiotik baik lainnya adalah kefir, asinan kubis, miso, kimchi, tempe dan sebagainya. Sertakan 2 atau 3 makanan probiotik dalam makanan Anda selama 1 sampai 2 minggu.

  • Jahe

Jahe efektif untuk mengobati berbagai ketidaknyamanan pencernaan yang terkait dengan alergi makanan. Anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antibakterinya dapat mengurangi kejang pencernaan, mual, muntah, gangguan pencernaan serta diare.

Ada beberapa cara untuk menggunakan jahe sebagai obat alergi alami, yaitu:

  1. Cara pertama adalah dengan minum teh jahe. Cara membuat teh jahe adalah dengan memasukkan beberapa potong jahe ke dalam 2 gelas air mendidih, setelah itu biarkan selama 10 menit, lalu saring dan tambahkan madu secukupnya untuk menambah selera.
  2. Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus jahe dengan madu. Konsumsilah setiap sebelum makan untuk memperbaiki pencernaan Anda.

 

  • Lemon

Lemon adalah buah yang sangat baik untuk dijadikan obat alergi alami. hal tersebut dikarenakan lemon berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah alergi makanan sekaligus mengobati gejalanya. Lemon bahkan berfungsi sebagai penghasil antitoksin untuk membantu flush toksin dari sistem Anda. Ini juga membuat tubuh Anda basa.

  1. Cara menggunakan lemon sebagai obat alergi makanan, yaitu:
    Tambahkan 1 jus lemon ke dalam secangkir air hangat.
  2. Tambahkan madu dan aduk rata.
  3. Minumlah dengan perut kosong pada pagi hari dan beberapa kali di siang hari.
  4. Lanjutkan setiap hari sampai gejalanya hilang.

 

  • Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu pengobatan alami terbaik untuk mengobati gejala perut yang terkait dengan alergi makanan. Selain itu, obat alergi ini juga memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antihistamin. Teh hijau juga membantu sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membuat obat alergi menggunakan teh hijau, yaitu:

  1. Masukkan 1 sampai 2 sendok teh teh hijau berkualitas baik ke dalam cangkir dan tuangkan air panas ke atasnya.
  2. Tutup dan biarkan selama beberapa menit.
  3. Saring tehnya, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon secukupnya.
  4. Minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau sepanjang hari.

 

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung quercetin, antihistamin alami yang sangat efektif dalam mengobati alergi makanan. Selain itu, sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidannya dapat membantu mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.

Cara menggunakan bawang putih untuk pengobatan alami, yaitu:

  1. Kunyah 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari untuk mengatasi berbagai gejala.
  2. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bawang putih setelah berkonsultasi dengan dokter.

 

  • Daun Jelatang

Daun jelatang memiliki sifat antihistamin dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati berbagai jenis alergi, termasuk alergi makanan. Obat ini dapat membantu mengatasi gejala seperti pilek, bersin, ruam kulit, mual dan sakit perut.

Cara menggunakan daun jelatang, yaitu:

  1. Masukkan 1 sendok makan daun jelatang yang kering ke dalam secangkir air panas.
  2. Tutup dan biarkan terjepit selama 5 menit.
  3. Kemudian disaring dan tambahkan sedikit madu agar lebih nikmat.
  4. Minum teh herbal ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari sampai gejala yang Anda rasakan menghilang
  5. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kapsul nettle, tapi harus dengan rekomendasi dari dokter.

 

  • Minyak Jarak

Minyak jarak adalah pilihan pengobatan alami lainnya yang bermanfaat. Hal tersebut dikarenakan fungsinya yang mampu meningkatkan kekuatan dan ketahanan perut ke berbagai makanan. Obat alami ini mampu meredakan ketidaknyamanan pencernaan yang terkait dengan alergi makanan.

Cara menggunakan minyak jarak, yaitu:

  1. Campur ½ sendok teh minyak jarak dalam segelas jus buah, jus sayuran, atau air biasa.
  2. Minumlah dengan perut kosong di pagi hari.
  3. Gunakan obat ini setiap hari selama beberapa hari sampai kondisinya membaik.

 

  • Makanan Kaya Vitamin C

Makanan yang kaya vitamin C membantu memberikan manfaat antioksidan dan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga mencegah pembentukan histamin dan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sertakan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dalam makanan Anda.

Beberapa sumber vitamin C yang baik adalah lemon, jeruk, brokoli, jeruk bali, kiwi, paprika, stroberi, kecambah dan tomat. Namun, pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap salah satu dari makanan tersebut. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari, tapi harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Bila kamu sudah menempuh semua langkah di atas dan kondisimu belum juga membaik setelah seminggu, tidak usah bingung dan khawatir lagi mencari solusi Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan. Bagi yang sedang mengalami rasa gatal pada selangkangan jangan khawatir karena anda dapat melakukan beberapa cara mengobati alergi kulit bentol.

 

LAYANAN KONSULTASI
082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(WhatsApp)

 

Kini telah hadir obat alergi kulit gatal berair yang terbukti dapat mengatasi dan mengobati berbagai gangguan kulit seperti gatal-gatal pada ibu hamil. Paket gatal De Nature merupakan produk pengobatan yang terbuat dari 100% bahan alami, sehingga aman dikonsumsi anak-anak, dewasa hingga ibu hamil dan ibu menyusui.

 

SEMBUHKAN PENYAKIT ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI !!!
DE NATURE INDONESIA, MENGATASI GATAL TANPA MASALAH

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan
Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan

Hanya Rp 295.000,-
Insya Allah Masalah Teratasi..!

Khasiat: Obat Alergi Makanan Laut de Nature Indonesia

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit dan gatal jenis lainya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam sehingga kuman atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Dan untuk salepnya adalah obat luar yang berfunsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaduan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

 

Apakah belanja online itu aman? Jangan Khawatir!! Berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan
Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan
Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan

 

SEPARAH APAPUN PENYAKIT GATAL YANG ANDA DERITA DAPAT DISEMBUHKAN JIKA ANDA MAU BERUSAHA MENGOBATINYA !!!

Costemer Servis De Nature Indonesia

Melayani sepenuh Hati

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan

 

Demikianlah artikel tentang Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan sebagai referensi pengobatan untuk anda. Kami merupakan website resmi De Nature Indonesia yang memberikan solusi untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit secara herbal, aman, dan tanpa efek samping. Semoga info obat gatal, dapat bermanfaat bagi anda semua.

Informasi lain terkait tentang obat alergi gatal kulit alami dan medis di apotek, cara mengatasi alergi kulit secara alami, menyembuhkan urtikaria (alergi gatal karena makanan), obat gatal alergi kulit terbaik paling ampuh dan manjur, cara menghilangkan gatal alergi karena alergi ayam dan telur, cara mengatasi & menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat alergi, yang dapat dibaca anda. Terima kasih. SALAM SEHAT INDONESIA

 

SEGERA Hubungi Kami
Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan untuk Anda
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)

de Nature Indonesia de Nature Indonesia de nature indonesia

Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan
Artikel "Obat Menghilangkan Gatal Alergi Makanan" ditulis oleh admin update terakhir pada 31st Agustus 2017 Categories: Obat Gatal/Eksim permalinks http://klikdenature.com/obat-menghilangkan-gatal-alergi-makanan.html di klikDENATURE

Related Posts:

Leave your comment here:

Kontak Kami

082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(Whatsapp)
PIN BBM : D4DFA68E

Cara Pemesanan

  • Silakan hubungi kami & konsultasikan penyakit anda!
  • Jika berminat, lakukan pemesanan dengan format :

Nama # Nama Obat # Jumlah # Alamat

Contoh : Andre # Obat sipilis # 2 # Jl. Diponegoro Majenang, Cilacap, Jawa Tengah

  • Kami akan merespon dengan rincian belanja anda (harga obat + ongkos kirim)
  • Silakan lakukan pembayaran sejumlah "harga obat+ongkir" dengan transfer ke salah satu rekening kami

de nature indonesia

  • Konfirmasikan kepada kami setelah anda melakukan pembayaran dengan format :

Nama # Alamat Lengkap # Jumlah uang via bank apa # no. hp

Contoh : Andreas Pratama # Jl. Diponegoro, Kel. Jenang, Kec. Majenang, Kab. Cilacap, Jawa Tengah 53257 # 320rb via BCA # 087736999696

Temukan Kami di

de nature Indonesia de nature Indonesia

Kami siap mengirim ke daerah seluruh Indonesia

Aceh

Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam

Sumatera Utara

Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi

Sumatera Barat

Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Tanah Datar, Bukittinggi, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok

Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai, Pekanbaru

Kepulauan Riau

Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Pinang

Jambi

Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung, Tebo, Jambi, Sungai Penuh

Bengkulu

Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu

Sumatera Selatan

Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih

Kepulauan Bangka Belitung

Bangka, Belitung, Pangkal Pinang

Lampung

Mesuji, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tulang Bawang, Tanggamus, Way Kanan, Bandar Lampung, Kota Metro

Banten

Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Cilegon

Jawa Barat

Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Cimahi, Depok

Jakarta

Kepulauan Seribu, Jakarta

Jawa Tengah

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Surakarta, Purwokerto

Yogyakarta

Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta

Jawa Timur

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Surabaya

Bali

Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Nusa Tenggara Barat

Bima, Dompu, Lombok Barat, Sumbawa, Mataram

Nusa Tenggara Timur

Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba, Timor Tengah, Kupang

Kalimantan Barat

Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang

Kalimantan Selatan

Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin

Kalimantan Tengah

Barito, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya

Kalimantan Timur

Berau, Kutai, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser, Balikpapan, Bontang, Samarinda

Kalimantan Utara

Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, Tarakan

Gorontalo

Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Pohuwato

Sulawesi Selatan

Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Selayar, Luwu, Maros, Pangkajene, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare

Sulawesi Tenggara

Bombana, Buton, Kolaka, Konawe, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari

Sulawesi Tengah

Banggai, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Palu

Sulawesi Utara

Bolaang Mongondow, Sangihe, Siau Tagulandang Biaro, Talaud, Minahasa, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon

Sulawesi Barat

Majene, Mamasa, Mamuju, Polewali Mandar

Kepulauan Maluku

Buru, Aru, Maluku Barat Daya, Seram, Ambon, Tual

Maluku Utara

Halmahera, Sula, Morotai, Taliabu, Ternate, Tidore

Papua

Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo, Mamberamo, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Bintang, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura

Papua Barat

Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Arfak, Raja Ampat, Sorong, Tambrauw, Bintuni, Wondama

deNature Indonesia - klikDENATURE