Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong) - klikDENATURE

Home Tumor/Kanker Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Sipilis/Gonore Kutil/Mata Ikan Solusi Kewanitaan Obat Herbal Tips Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
"Emas yang mereka habiskan untuk kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit. Kesehatan merupakan nikmat yang tak ternilai harganya"
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
Pemesanan obat hubungi
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)
D4DFA68E (PIN BBM)
 

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong) – Kebanyakan penderita trypophobic mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)Lubang kecil pada pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Trypophobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap lubang-lubang di sebuah permukaan yang letaknya saling berdekatan. Baik pada benda mati ataupun hidup misalnya pada kulit tangan, lidah, dan bagian tubuh manusia lainnya. Maka dari itu Trypophobia (baca: tripofobia) banyak yang menyebutnya sebagai ‘penyakit kulit tangan bolong’, padahal istilah ini kurang tepat.

Kita perlu tahu, bahwa di dunia ilmu psikologi, Phobia (baca: fobia) adalah rasa takut yang berlebihan dan tidak wajar terhadap sesuatu atau fenomena tertentu. Tergantung dengan objek yang ditakuti itu, maka jenis-jenis phobia ada banyak sekali.

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)Penyakit Trypophobia itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, : trýpa, yang berarti “lubang” dan Phobos , yang berarti “rasa takut “. Jadi orang yang mengalami kondisi ini akan merasa takut, gelisah, bahkan sampai timbul gejala fisik berupa mual atau gatal-gatal saat melihat objek berlubang yang sangat banyak. Sebagai contoh sarang lebah, biji bunga teratai, sumsum tulang, spons dan lain sebagainya.

Istilah Trypophobia ini diyakini pertama kali diciptakan oleh peserta di sebuah forum online pada tahun 2005. Masalahnya ini tergolong baru dan para ahli psikologi dunia masih memperdebatkannya apakah penyakit trypophobia bisa dijadikan sebagai diagnosis yang berdiri sendiri.

Gejala dan Penyebab Trypophobia

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)Meskipun penyebab sebenarnya dari kondisi aneh ini belum diketahui, namun diyakini bahwa penyakit trypophobia ini terjadi mulai dari usia anak-anak sampai remaja, kemudian secara perlahan-lahan akan menghilang.

‘Penyakit tangan bolong’ ini timbul sebagai akibat dari pengaruh faktor eksternal dan internal tertentu, atau mungkin beberapa peristiwa traumatis di masa lalu, seperti halnya yang terjadi pada kebanyakan kasus fobia lainnya.

Seseorang yang menderita penyakit tyrpophobia umumnya mengalami perasaan gelisah dan gatal di seluruh tubuh setelah melihat objek atau benda yang memiliki banyak lubang-lubang di permukaannya seperti sumsum tulang, biji teratai, polong, sarang tawon, spons, dll. Bahkan tidak hanya terhadap benda nyata, namun juga terhadap gambar-gambar kulit berlubang banyak. Padahal gambar tersebut merupakan rekayasa atau editan yang banyak sekali bertebaran di dunia maya.

Seseorang yang menderita trypophobia biasanya memiliki dua kemungkinan reaksi yang berbeda pada saat melihat objek berlubang. Pertama, dia mungkin melihatnya dengan santai untuk sementara waktu dan kemudian memikirkannya terus dan timbullah rasa takut. Kemungkinan kedua, ketika melihat benda berlubang banyak, ia seketika langsung menderita pusing, mual, bahkan gatal-gatal atau pruritus.

Bagaimana menentukan diagnosis penyakit kulit tangan bolong ini?

Tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul dan penyebab penyakit trypophobia ini. Itulah sebabnya, tidak ada tes diagnostik untuk memastikannya. Gampangnya, Jika Anda melihat gambar-gambar kulit bolong berlubang banyak seperti di atas, membuat Anda merasa tidak nyaman, dan gejala-gejala yang disebutkan di atas muncul, maka kemungkinan Anda juga mengalami trypophobia.

Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associationâs Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

Adapun yang mengatakan bahwa gejala ini timbul melalui dari rasa jijik akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Pengobatan Trypophobia

Jika Anda menderita penyakit trypophobia dan itu mempengaruhi kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya Anda harus mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental (psikolog) sesegera mungkin.

Berikut beberapa tips mengobati trypophobia:

Memahami trypophobia
Dengan demikian Anda akan yakin bahwa kondisi ini tidaklah wajar. Tidak seharusnya Anda khawatir dengan lubang-lubang yang mungkin saja sekedar buatan dan tentu saja hal itu tidak akan membahayakan.

Cobalah untuk menemukan penyebab ketakutan
Apakah ketakutan Anda disebabkan oleh pengalaman yang buruk, kesal, atau hanya jijik semata. Dengan demikian Anda bisa lebih mengendalikan diri.

Hadapi Rasa Takutmu
Pada reaksi pertama Anda melihat pola lubang berkerumun mungkin Anda berusaha untuk menjauh atau menutup mata dan mencoba untuk memikirkan sesuatu yang lain. Padahal hal ini hanya akan memperkuat rasa takut. Sebaliknya, cobalah untuk memaksa diri menghadapi sumber ketakutandan cara itu akan membuat Anda lebih berani.

Jaga dirimu baik-baik
Latihan atau olahraga, makanan sehat dan memadai merupakan komponen penting dari kesehatan mental yang baik.

Mencari bantuan psikolog
Jika penyakit trypophibia sampai mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan normal dan menikmati hidup, maka tidak perlu menunggu lagi, segeralah mencari bantuan dari seorang terapis kesehatan mental berlisensi. Berapa metode terapi mungkin diterapkan untuk Anda seperti:

  • Cognitive Behavioral Therapy. Memahami bahwa rasa takut itu tidaklah perlu, kemudian dilakukan upaya untuk menghadapinya.
  • Exposure Therapy. Terapi pemaparan akan memaksa Anda untuk menghadapi hal-hal yang Anda takuti tadi. Dengan menyesuaikan dosis paparan secara bertahap terapi ini akan berhasil.
  • CBT atau Cognitive Behavior Therapy. Ada beberapa terapis yang menggunakan campuran dari dua terapi diatas untuk menyembuhkan trypophobia. Penderita diajari keterampilan pemulihan yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • NLP atau Neuro-Linguistic Programming. Dalam metode ini, orang yang terkena trypophobe pikirannya dalam melihat sesuatu diprogram ulang untuk mengurangi fobia. Ini jenis intervensi yang cepat dan efisien dalam menyembuhkan trypophobia. Selain itu, keterlibatan yang juga langsung dan mudah untuk diaplikasikan.

Obat
Jika ketakutan sampai menyebabkan serangan kecemasan atau panik yang parah, maka terapis dapat merujuk Anda ke seorang psikiater (dokter ahli jiwa) yang dapat memberikan resep obat untuk dapat membantu meringankan.

Demikian artikel tentang Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong) semoga bermanfaat. Jika Anda berpikir Anda memiliki rasa takut terhadap lubang-lubang kecil atau trypophobia, lebih baik bahwa Anda menjalani salah satu perawatan yang disebutkan di atas untuk mengatasi fobia kecemasan yang Anda miliki.

de Nature Indonesia de Nature Indonesia de nature indonesia

Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)
Artikel "Kenali Penyakit Trypophobia (Tangan Bolong)" ditulis oleh admin update terakhir pada 21st April 2017 Categories: Tips Sehat permalinks http://klikdenature.com/kenali-penyakit-trypophobia-tangan-bolong.html di klikDENATURE

Related Posts:

Leave your comment here:

Kontak Kami

082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(Whatsapp)
PIN BBM : D4DFA68E

Cara Pemesanan

  • Silakan hubungi kami & konsultasikan penyakit anda!
  • Jika berminat, lakukan pemesanan dengan format :

Nama # Nama Obat # Jumlah # Alamat

Contoh : Andre # Obat sipilis # 2 # Jl. Diponegoro Majenang, Cilacap, Jawa Tengah

  • Kami akan merespon dengan rincian belanja anda (harga obat + ongkos kirim)
  • Silakan lakukan pembayaran sejumlah "harga obat+ongkir" dengan transfer ke salah satu rekening kami

de nature indonesia

  • Konfirmasikan kepada kami setelah anda melakukan pembayaran dengan format :

Nama # Alamat Lengkap # Jumlah uang via bank apa # no. hp

Contoh : Andreas Pratama # Jl. Diponegoro, Kel. Jenang, Kec. Majenang, Kab. Cilacap, Jawa Tengah 53257 # 320rb via BCA # 087736999696

Temukan Kami di

de nature Indonesia de nature Indonesia

Kami siap mengirim ke daerah seluruh Indonesia

Aceh

Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam

Sumatera Utara

Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi

Sumatera Barat

Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Tanah Datar, Bukittinggi, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok

Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai, Pekanbaru

Kepulauan Riau

Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Pinang

Jambi

Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung, Tebo, Jambi, Sungai Penuh

Bengkulu

Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu

Sumatera Selatan

Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih

Kepulauan Bangka Belitung

Bangka, Belitung, Pangkal Pinang

Lampung

Mesuji, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tulang Bawang, Tanggamus, Way Kanan, Bandar Lampung, Kota Metro

Banten

Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Cilegon

Jawa Barat

Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Cimahi, Depok

Jakarta

Kepulauan Seribu, Jakarta

Jawa Tengah

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Surakarta, Purwokerto

Yogyakarta

Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta

Jawa Timur

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Surabaya

Bali

Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Nusa Tenggara Barat

Bima, Dompu, Lombok Barat, Sumbawa, Mataram

Nusa Tenggara Timur

Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba, Timor Tengah, Kupang

Kalimantan Barat

Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang

Kalimantan Selatan

Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin

Kalimantan Tengah

Barito, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya

Kalimantan Timur

Berau, Kutai, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser, Balikpapan, Bontang, Samarinda

Kalimantan Utara

Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, Tarakan

Gorontalo

Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Pohuwato

Sulawesi Selatan

Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Selayar, Luwu, Maros, Pangkajene, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare

Sulawesi Tenggara

Bombana, Buton, Kolaka, Konawe, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari

Sulawesi Tengah

Banggai, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Palu

Sulawesi Utara

Bolaang Mongondow, Sangihe, Siau Tagulandang Biaro, Talaud, Minahasa, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon

Sulawesi Barat

Majene, Mamasa, Mamuju, Polewali Mandar

Kepulauan Maluku

Buru, Aru, Maluku Barat Daya, Seram, Ambon, Tual

Maluku Utara

Halmahera, Sula, Morotai, Taliabu, Ternate, Tidore

Papua

Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo, Mamberamo, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Bintang, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura

Papua Barat

Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Arfak, Raja Ampat, Sorong, Tambrauw, Bintuni, Wondama

deNature Indonesia - klikDENATURE