Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal - klikDENATURE

Home Tumor/Kanker Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Sipilis/Gonore Kutil/Mata Ikan Solusi Kewanitaan Obat Herbal Tips Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
"Emas yang mereka habiskan untuk kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit. Kesehatan merupakan nikmat yang tak ternilai harganya"
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
Pemesanan obat hubungi
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)
D4DFA68E (PIN BBM)
 

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal – Kulit indah dan sehat adalah dambaan setiap orang. Jika kita membahas mengenai kulit memang tidak akan ada habisnya. Kulit yang sehat tentunya adalah kulit yang selalu terjaga kebersihanya. Namun terkadang kita kurang memperhatikan kebersihanya, ini lah yang kemudian dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri atau jamur pada kulit. Mungkin awalnya hanyalah berupa rasa gatal saja yang kemudian akan tumbuh bintik memerah dan menghitam. Saran kami segeralah lakukan pengobatan jika anda mengalami gangguan pada kulit.

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada GatalGangguan penyakit yang menyerang tubuh, memang serigkali menimbulkan masalah yang cukup serius. Betapa tidak, tubuh yang fit dan prima yang tiba-tiba diserang dengan masalah penyakit akan tentu saja membuat tubuh mengalami perubahan dan penurunan fungsinya.

Nah, dari sekian banyak ancaman gangguan penyakit, masalah kesehatan kulit adalah salah satu gangguan yang seringkali menjadi momok yang menakutkan untuk hampir sebagian besar orang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada penyakit kulit, bukan hanya gejala saja yang cukup menyiksa akan tetapi dampak yang ditimbulkan dari penyakit inilah yang seringkali memusingkan.

Dampak bekas luka yang ditimbulkan dari masalah gangguan kulit seringkali membuat orang frustasi mengatasi hal ini. Betapa tidak, bekas luka yang ditinggalkan umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk dapat menghilang. Itupun goresan atau coretan dari bekas luka tidak akan mampu menghilang secara keseluruhan. Pasien yang pernah mengalami penyakit kulit akan mungkin membutuhkan perawatan khusus guna mengembalikan keindahan kulitnya pada kondisi semula.

Jika luka eksim digaruk, maka kondisinya akan semakin memburuk. Hal ini dikarenakan kuku dapat merusak lapisan dermis sehingga memperparah radang dan rasa gatalnya. Aksi menggaruk kulit yang terkena eksim ini dapat membuat seseorang rentan kena infeksi karena jadi mudah bagi bakteri untuk masuk melalui luka yang timbul. Karena itu, ada baiknya penderita eksim tidak sekali-kali menggaruk luka tersebut.

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

Apa Itu Eksim?

Di Indonesia, banyak sekali istilah-istilah yang dipergunakan oleh masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan. Hal inilah yang terkadang membuat kita sulit menemukan padanan kata yang sesuai dengan ilmu kedokteran, termasuk dengan istilah yang digunakan untuk menyebut penyakit eksim.

Jika disebutkan kata eksim, maka biasanya kita sering mendengar kata selanjutnya yang menyertainya yakni adalah basah dan kering. Nah, bila digabungkan maka kita akan mendengar istilah eksim basah dan eksim kering. Lantas apakah sebenarnya definisi dari istilah-istilah tersebut? Mari kita pelajari lebih jauh dibawah ini.

Dalam bahasa kedokteran eksim dikenal dengan sebutan eczema yakni sebuah istilah yang umum guna menggambarkan setiap proses inflamasi atau peradangan yang terjadi pada kulit dibagian luar, yang mana umumnya kondisi ini akan ditandai dengan timbulnya gatal, kemerahan, vesikel (gelembung cairan), berair, pengerasan kulit, penebalan kulit, perubahan warna kulit dan juga penonjolan.

Akan tetapi demikian, dalam dunia kedokteran istilah medis yang seringkali digunakan untuk menggambarkan kondisi eksim pada kulit adalah penyakit dermatitis atopik.

Penyakit dermatitis atopik adalah sebuah kondisi gangguan kulit kronis yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang biasanya kondisi ini dimulai selama masa bayi dan berlanjut hingga ke masa kana-kanak. Beberapa orang dapat sembut dari penyakit ini dan sementara beberapa lainnya terus membawa kondisi gangguan kulit ini hingga ia dewasa.

Perlu diketahui gangguan penyakit kulit yang satu ini bukan hanya menyerang bayi dan anak-anak saja. Remaja, orang dewasa dan bahkan manula pun bisa terserang dengan gangguan kulit yang satu ini.

Dermatitis berarti peradangan yang terjadi pada bagian kulit, sementara untuk kata “atopic” adalah istilah yang mengacu pada penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh atau istlah lainnya juga bisa dikatakan sebagai alergi. Untuk itulah, sebagaimana disebutkan diatas, penyakit gangguan kulit yang satu ini pun erat kaitannya dengan stabilitas kekebalan tubuh pada seseorang, yang mana ini berarti orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah atau menurun akan lebih beresiko menaikan kondisi gangguan kulit yang satu ini.

Cara Cepat Mengobati Eksim Kering dan Eksim Basah yang Kronis

Bagaimana cara mengatasi gatal eksim?

Memang sih, menggaruk ruam eksim dapat membuat nyaman, namun ini hanya berlangsung sementara saja. Dan karena sebelumnya telah disebutkan alasan mengapa kita tak boleh menggaruk luka eksim, maka cara terbaik untuk mengatasi gatalnya adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter dan menggunakan obat yang tepat untuk menyembuhkan pemicu gatalnya.

Tapi sekarang, bagaimana cara menahan diri untuk tidak menggaruk bagian kulit yang sensasi gatalnya cenderung parah? Untuk ini, Anda bisa melakukan beberapa tips sederhana. Tips mudah mengatasi gatal menghindari garukan pada eksim:

  • Beri kompres dingin Menurut pakar kulit, seseorang yang memiliki eksim disarankan meletakkan kompres dingin ke kulit yang gatal. Biarkan stimulasi dingin yang ditimbulkan kompres es tersebut mengalihkan sensasi gatalnya sehingga tak terasa lagi.
  • Mengubah rutinitas Berbagai studi menunjukkan kalau penderita eksim cenderung mengembangkan kebiasaan menggaruk sehingga mereka bahkan tak menyadarinya ketika melakukannya. Untuk itu, maka ia harus selalu waspada terhadap kebiasaan ini, dan mencari tahu kapan waktu dimana cenderung mengaruk. Jika kecenderungan menggaruknya selagi nonton TV misalnya, maka sebaiknya saat itu juga, ia membuat tangannya tetap ‘sibuk’ untuk hal-hal yang lain.
  • Kenali penyebab mengapa tiba-tiba ingin menggaruk Eksim biasanya memang disebabkan oleh faktor genetik, namun gejalanya juga bisa diperparah oleh beberapa faktor eksternal. Walau setiap orang mungkin tidak mempunyai penyebab eksim yang sama, namun kebanyakan bahan berikut bisa jadi pemicunya:
  1. Wol.
  2. Alergen seperti bulu binatang atau debu.
  3. Suhu panas atau dingin.
  4. Deterjen atau produk perawatan kulit dengan pewangi.

Jadi penting sekali untuk penderita eksim mengenali faktor eksternal apa yang kira-kira membuat mereka ingin menggaruk.

  • Tarik nafas Stres juga dapat memperparah rasa gatal karena naiknya kadar hormon stres kortisol dapat membuat radang semakin buruk sehingga eksimnya bertambah akut. Solusi untuk ini tentu saja dengan menjauhi pemicu stres, tetap tenang, dan rileks. Lakukan saja beberapa teknik yang terbukti ampuh atasi stres seperti yoga, olahraga, banyak istirahat, dan lain sebagainya.
  • Mandi air hangat, bukan panas Mandi air panas memang dapat membuat nyaman sementara waktu, namun suhu air yang terlalu tinggi dapat memperburuk eksim karena menginisiasi keluarnya komponen pemicu gatal. Hal ini sangat berbeda dengan air dingin yang takkan membuat kulit sensitif. Dan karena produk dengan wewangian dapat mengiritasi kulit, maka selalu gunakan sabun lembut tanpa parfum. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut, lalu oleskan pelembab agar kulit tetap terhidrasi dan tidak gatal.
  • Beri pelembab lagi sebelum tidur Melembabkan kulit dengan produk yang berkualitas sebelum tidur malam juga bisa membantu meredakan dan memperbaiki efek eksim pada kulit. Dan karena kecil kemungkinan bagi penderita eksim untuk benar-benar berhenti menggaruk, maka mereka sebaiknya tidak stres ketika gatal mengganggu kenyamanan tidur. Hal ini dikarenakan stres dapat memperparah sensasi gatalnya sehingga semakin sulit untuk tidur nyenyak.
  • Terapi cahaya Penderita eksim tak ada salahnya melakukan terapi cahaya atau fototerapi untuk meredakan gatalnya. Terapi yang menggunakan sinar UV ini dapat menembus lapisan luar kulit, lalu menekan sel radang sehingga gatalnya mereda. Meski relatif aman, namun terapi ini jelas membutuhkan waktu dan dana. Jika ingin mencobanya, pasien mungkin harus menjalani 2-3 sesi tiap minggunya selama beberapa bulan. Efek fototerapi ini sendiri mungkin baru terlihat setelah 4 minggu. Di samping menggunakan steroid dan pelembab, metode ini disarankan untuk pasien yang level eksimnya kronis.
  • Rajin potong kuku Mungkin beberapa penderita eksim sengaja memakai sarung tangan untuk menghentikan kebiasaan menggaruk atau ketika menggaruk tidak sampai melukai. Namun karena bahan sarung tangan bisa membuat tangan berkeringat, maka otomatis hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan.

 

Mengenali Obat Eksim Kering dan Basah

Ada cukup banyak hal yang dapat dilakukan guna mengurangi gejala dari eksim, diantaranya adalah:

Dengan menghindari sumber atau pemicu yang akan membuat gejala eksim menjadi lebih buruk, seperti misalkan benda tertentu yang digunakan atau makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi. Pada intinya penderita eksim haruslah lebih waspada dan selektif.

  • Gunakan sedikit saja sabun dan sebaiknya aplikasikan pada tubuh dengan lembut.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat untuk meredakan gejala perih dan truma yang dialami oleh kulit.
  • Gunakan pelembab setelah selesai madi untuk menjaga kulit agar tidak kering.
  • Kelola stres yang dialami. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena ada tipe eksim yang erat kaitannya dengan stres.

Nah, bila hal-hal diatas masih belum cukup, maka pengobatan dengan melakukan konsultasi ke kami akan penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk dari kondisi eksim yang dirasakan. Selain itu, gejala yang dialami dalam jangka waktu yang terlalu lama bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit lain dalam tubuh anda.

 

Selanjutnya…

Bagaimana jika sudah menderita gatal di kemaluan dan kemaluan menahun yang tidak kunjung sembuh? Adakah Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal yang bisa didapatkan dengan mudah?

 

HUBUNGI KAMI

082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(WhatsApp)

 

Kini telah hadir Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal yang terbukti dapat mengatasi dan mengobati berbagai gangguan kulit seperti gatal-gatal pada ibu hamil. Obat gatal De Nature merupakan produk pengobatan yang terbuat dari 100% bahan alami, sehingga aman dikonsumsi anak-anak, dewasa hingga ibu hamil dan ibu menyusui.

SEMBUHKAN PENYAKIT ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI !!!
DE NATURE INDONESIA, MENGATASI GATAL TANPA MASALAH

Obat Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal
Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

Hanya Rp 295.000,-
Insya Allah Masalah Teratasi..!

Khasiat: Obat Eksim de Nature Indonesia

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit dan gatal jenis lainnya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam sehingga jamur atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Salepnya adalah obat luar yang berfungsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaduan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

cara mengobati eksim dengan lidah buaya

Apakah belanja online itu aman? Jangan Khawatir!! Berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal
Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal
Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

penyebab gambar penyakit eksim

SEPARAH APAPUN PENYAKIT GATAL YANG ANDA DERITA DAPAT DISEMBUHKAN JIKA ANDA MAU BERUSAHA MENGOBATINYA !!!

Costemer Servis De Nature Indonesia

Melayani sepenuh Hati

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal

 

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal sebagai referensi pengobatan untuk anda. Kami merupakan website resmi De Nature Indonesia yang memberikan solusi untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit secara herbal, aman, dan tanpa efek samping. Semoga info obat gatal, dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih. SALAM SEHAT INDONESIA

Informasi lain terkait tentang :

  • cara mengobati eksim kering menahun
  • salep eksim basah
  • obat eksim kering yang manjur
  • penyebab penyakit eksim pada kaki

 

SEGERA Hubungi Kami
Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal untuk Anda
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)

de Nature Indonesia de Nature Indonesia de nature indonesia

Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal
Artikel "Cara Mengatasi Eksim dan Menghindari Garukan pada Gatal" ditulis oleh admin update terakhir pada 18th November 2017 Categories: Obat Gatal/Eksim permalinks http://klikdenature.com/cara-mengatasi-eksim-dan-menghindari-garukan-pada-gatal.html di klikDENATURE

Related Posts:

Leave your comment here:

Kontak Kami

082221132221 (Call/SMS)
085743333181
(Whatsapp)
PIN BBM : D4DFA68E

Cara Pemesanan

  • Silakan hubungi kami & konsultasikan penyakit anda!
  • Jika berminat, lakukan pemesanan dengan format :

Nama # Nama Obat # Jumlah # Alamat

Contoh : Andre # Obat sipilis # 2 # Jl. Diponegoro Majenang, Cilacap, Jawa Tengah

  • Kami akan merespon dengan rincian belanja anda (harga obat + ongkos kirim)
  • Silakan lakukan pembayaran sejumlah "harga obat+ongkir" dengan transfer ke salah satu rekening kami

de nature indonesia

  • Konfirmasikan kepada kami setelah anda melakukan pembayaran dengan format :

Nama # Alamat Lengkap # Jumlah uang via bank apa # no. hp

Contoh : Andreas Pratama # Jl. Diponegoro, Kel. Jenang, Kec. Majenang, Kab. Cilacap, Jawa Tengah 53257 # 320rb via BCA # 087736999696

Temukan Kami di

de nature Indonesia de nature Indonesia

Kami siap mengirim ke daerah seluruh Indonesia


Jakarta | Jember | Jepara | Jombang | Kajen | Karanganyar | Kebumen | Kediri | Kendal | Kepanjen | Klaten | Kraksaan | Kudus | Kuningan | Lamongan | Lumajang | Madiun | Magelang | Magetan | Majalengka | Sumatera | Aek Kanopan | Arga Makmur | Arosuka | Balige | Banda Aceh | Bandar Lampung | Bagansiapiapi | Baganbatu | Bandar Seri Bintan | Bangkinang | Bangko | Banyuasin | Batam | Baturaja | Batusangkar | Bengkalis | Bengkulu | Binjai | Bintuhan | Bireuen | Blambangan Umpu | Blangpidie | Blang Kejeren | Bukittinggi |Dumai | Gedong Tataan | Gunung Sitoli | Gunung Sugih | Gunung Tua | Idi Rayeuk | Indralaya | Jambi | Jantho | Kabanjahe | Kalianda | Karang Baru | Karang Tinggi | Kayu Agung | Kepahiang | Kisaran | Koba | Kota Agung | Kotabumi | Kota Pinang | Kuala Tungkal | Kutacane | Lahat | Lahomi | Langsa | Lhokseumawe | Lhoksukon | Limapuluh | Liwa | Lotu | Lubuk Basung | Lubuk Bendaharo | Lubuk Linggau | Lubuk Pakam | Lubuk Sikaping | Manggar | Manna | Martapura (Sumatera Selatan) | Medan | Menggala | Mentok | Metro | Meulaboh | Muara Bungo | Muara Dua | Muara Enim | Muara Sabak | Muara Tebo | uaro Sijunjung | Mukomuko | Padang | Padang Aro | Padang Panjang | Padang Sidempuan | Pagaralam | Painan | Palembang | Pandan | Pangkalan Kerinci | Pangkal Pinang | Panguruan | Panyabungan | Pariaman | Parit Malintang | Pasir Pengarayan | Payakumbuh | Pekanbaru | Pematang Siantar | Prabumulih | Pringsewu | Rantau Prapat | Raya | Rengat | Sabang | Sarolangun | Sawahlunto | Sei Rampah | Sekayu | Selat Panjang | Sengeti | Siak Sri Indrapura | Sibolga | | Sinabang | Singkil | Sipirok | Solok | Stabat | Subulussalam | Sukadana | Suka Makmue | Sungailiat | Sungai Penuh | Takengon | Tais | Tanjung Balai (Sumatera Utara) | Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) | Tanjung Enim | Tanjung Pandan | Tanjung Pinang | Tebing Tinggi (Sumatera Utara) | Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) | Teluk Dalam | Teluk Kuantan | Tembilahan | Toboali | Tuapejat | Ujung Tanjung | Jawa | Ambarawa | Anyer | Bandung | Bangil | Banjar (Jawa Barat) | Banjarnegara | Bangkalan | Bantul | Banyumas | Banyuwangi | Batang | Batu | Bekasi | Blitar | Blora | Bogor | Bojonegoro | Bondowoso | Boyolali | Bumiayu | Brebes | Caruban | Cianjur | Ciamis | Cibinong | Cikampek | Cikarang | Cilacap | Cilegon | Cirebon | Demak | Depok | Garut | Gresik | Indramayu | Malang | Mojokerto | Mojosari | Mungkid | Ngamprah | Nganjuk | Ngawi | Pacitan | Pamekasan | Pandeglang | Pare | Pati | Pasuruan | Pekalongan | Pelabuhan Ratu | Pemalang | Ponorogo | Probolinggo | Purbalingga | Purwakarta | Purwodadi | Purwokerto | Purworejo | Rangkasbitung | Rembang | Salatiga | Sampang | Semarang | Serang | Sidayu | Sidoarjo | Singaparna | Situbondo | Slawi | Sleman | Soreang | Sragen | Subang | Sukabumi | Sukoharjo | Sumber | Sumedang | Sumenep | Surabaya | Surakarta | Tasikmalaya | Tangerang | Tangerang Selatan | Tegal | Temanggung | Tigaraksa | Trenggalek | Tuban | Tulungagung | Ungaran | Wates | Wlingi | Wonogiri | Wonosari | Wonosobo | Yogyakarta | Bali dan Nusa Tenggara | Atambua | Baa | Badung | Bajawa | Bangli | Bima | Denpasar | Dompu | Ende | Gianyar | Kalabahi | Karangasem | Kefamenanu | Klungkung | Kupang | Labuhan Bajo | Larantuka | Singaraja | Sumbawa Besar | Tabanan | Taliwang | Tambolaka | Tanjung (Nusa Tenggara Barat) | Negara,Bali | Kalimantan | Pontianak | Samarinda | Banjarmasin | Balikpapan | Singkawang | Palangkaraya | Ketapang | Sintang | Tarakan | Putussibau | Sambas | Sampit | Banjarbaru | Barabai | Batang Tarang | Batulicin | Bengkayang | Bontang | Kotabaru | Kuala Kapuas | Kuala Kurun | Kuala Pembuang | Malinau | Martapura | Muara Teweh | Nunukan | Pangkalan Bun | Paringin | Pelaihari | Penajam | Pulang Pisau | Rantau | Sangatta | Sebatik | Sekadau | Sendawar | Sukamara | Sungai Raya | Tamiang Layang | Tanah Grogot | Tanjung | Tanjung Selor | Tanjung Redeb | Tenggarong | Tideng Pale | Sulawesi | Airmadidi | Ampana | Amurang | Andolo | Banggai | Bantaeng | Barru | Bau-Bau | Benteng | Bitung | Bulukumba | Bungku | Buol | Buranga | Donggala | Enrekang | Gorontalo | Jeneponto | Kawangkoan | Kendari | Kolaka | Kotamobagu | Kota Raha | Kwandang | Lasusua | Luwuk | Majene | Makale | Makassar (Ujung Pandang) | Malili | amasa | Mamuju | Manado (Menado) | Marisa | Maros | Masamba | Melonguane | Ondong Siau | Palopo | Palu | Pangkajene | Pare-Pare | Parigi | Pasangkayu | Pinrang | Polewali | Poso | Rantepao | Ratahan | Rumbia | Sengkang | Sinjai | Sunggu Minasa | Suwawa | Tahuna | Takalar | Tilamuta | Toli Toli | Tomohon | Watampone | Watan Soppeng | Cliquers | Libuo Palma | Maluku dan Papua | Ambon | Biak | Halmahera Barat | Halmahera Selatan | Halmahera Tengah | Halmahera Timur | Halmahera Utara | Intan Jaya | Jayapura | Jayapura (kota) | Maluku Barat Daya | Maluku Tengah | Maluku Tenggara | Maluku Tenggara Barat | Mamberamo Raya | Mamberamo Tengah | Manokwari | Manokwari Selatan | Merauke | Mimika | Nabire | Puncak Jaya | Raja Ampat | Sorong | Sorong Selatan | Ternate | Aceh | Bali | Bangka Belitung | Banten | Jawa Barat | Jawa Tengah | Jawa Timur | Kalimantan Barat | Kalimantan Selatan | Kalimantan Tengah | Kalimantan Timur | Kalimantan Utara | Kepulauan Riau | Lampung | Maluku Utara | Maluku | Nusa Tenggara Barat | Nusa Tenggara Timur | Papua Barat | Papua | Riau | Sulawesi Selatan | Sulawesi Tengah | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Utara | Sumatera Barat | Sumatera Selatan | Sumatera Utara | Pangkalpinang | Jakarta Barat | Jakarta Pusat | Jakarta Selatan | Jakarta Timur | Jakarta Utara | Cimahi | Banjar | Tanjungpinang | Tidore Kepulauan | Makassar | Parepare | Manado | Padangpanjang | Lubuklinggau | Pematangsiantar | Tebingtinggi | Tanjungbalai |

deNature Indonesia - klikDENATURE